Our Feeds

Selasa, 14 Juni 2016

Unknown

5 KEGIATAN SERU SAAT NGABUBURIT BARENG SAHABAT





Asaalamualaikum-Tahukah kamu jika istilah ngabuburit itu sebenarnya berasal dari bahasa sunda. Yaitu dari kata burit yang artinya adalah waktu menjelang malam.  Jadi, ngabuburit adalah kegiatan menghabiskan waktu hingga burit tiba atau tepat saat adzan Maghrib berkumandang. 

Saat Bulan Ramadan, ngabuburit menjadi tradisi rutin yang tidak bisa dilewatkan begiu saja. Ini karena menunggu waktu berbuka sangatlah menguji kesabaran. Apalagi jika hanya diisi dengan diam dan menonton TV. Yang ada justru ngiler karena sering lihat iklan sirup di mana-mana. Makanya ada sebagian orang yang sengaja mengadakan kegiatan lain agar tidak mulu-mulu kepikiran menu buka puasa.

Ngabuburit bisa diisi dengan berbagai kegiatan dan yang pastinya harus positif ya, agar ibadah puasamu tidak sia-sia. Seperti yang kita tahu, puasa bukan hanya perkara menahan haus dan lapar saja, tapi juga menjaga emosi, perkataan, hingga menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. Jika ngabuburit justru membuat kamu melakukan maksiat tentu kamu sendiri yang akan rugi.

 Agar kamu tidak mengalaminya, sebaiknya mengisi ngabuburit dengan beberapa kegiatan berikut ini.

1. Gowes Seru Bikin Sehat

Puasa memang terkadang memuat kamu lemas dan tidak bersemangat karena merasa lapar. Namun bukan berarti kamu harus berhenti berolahraga. Kebiasaan baik harus tetap dilakukan. Hanya saja, kamu perlu menyesuaikan olah raga apa yang pas buat kamu.
Salah satunya adala gowes atau bersepeda. Agar tidak bosan, ajak juga teman dan saudara-saudaramu yang lain. kamu bisa keliling di sekitar rumah. Jangan ambil jarak yang terlalu jauh, yang penting kamu sudah bergerak dan bisa melupakan sejenak rasa laparmu.

2. Nonton Film Bareng

Jika kamu dan teman-temanmu termasuk orang yang suka nonton film, kamu bisa tuh membuat kegiatan nonton film bersama. Jangan nikmati film sendirian nanti kamu akan tergoda untuk melakukan hal yang diinginkan lagi. Dengan mengajak teman-temanmu, kamu akan terhindar dari kejenuhan. Ada baiknya kamu memilih film sarat akan makna. Sehingga kamu dan teman-temanmu bisa mengambil hikmah dari film yang kalian tonton.
Jika hal tersebut memang membawa kebaikan, tentu kamu akan mendapat banyak pahala. Karena teman-temanmu juga ikut kecipratan hikmah postif dari kegiatan nonton bareng yang kamu adakan. Kamu bisa tuh membuat jadwal nonton bareng selama satu bulan penuh. Misalnya dengan giliran, sekarang di rumahmu, yang berikutnya bisa di rumah temanmu sekaligus buka puasa bersama. Seru sekali kan?

3. Perawatan Tubuh di Rumah

Ini yang paling disukai oleh para cewek. Daripada nggak ngapa-ngapain saat nunggu buka puasa, sebaiknya melakukan perawatan tubuh di rumah ala-ala salon gitu. Biar hasilnya makin mantap ajak juga sahabat-sahabat dekatmu. Ajak mereka untuk melakukan pedicure dan menicure secara bergantian atau belajar memakai hijab dan diskusi soal fashion dan produk perawatan tubuh.
Karena kalian melakukan hal yang disukai, tentu waktu jadi tidak terasa lama. Seakan baru saja ngobrol eh adzan sudah berkumandang dan waktu berbuka puasa telah tiba.

4. Ngegame

Jika perawatan tubuh untuk para cewek, yang cowok nggak perlu bingung. Ada kegiatan yang nggak kalah seru untuk ngabuburit sembari menunggu waku berbuka puasa. Salaah satunya adalah dengan ngegame bareng sahabat-sahabatmu.
Di Bulan Ramadan biasanya sekolah atau kuliah jadi lebih longgar, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menyelesaikan tantangan di video game favoritmu. Apalagi jika kamu dibarengi dengan sahabat-sahabat sehobi yang gokil abis.

5. Berburu Foto Sambil Berburu Takjil

Kamu pasti tahu dengan istilah Safari Ramadan. Yaitu kegiatan berkeliling yang biasanya dilakukan oleh para pejabat ke daerah-daerah tertentu di Bulan Puasa. Nah kamu jangan mau kalah kamu bisa membuat kegiatan keliling dengan teman-temanmu.
Kamu bisa mengunjungi beberapa Masjid dan mengabadikan berbagai momen penuh makna selama perjalanan. Kamu juga bisa sekalian berburu takjil untuk santapan saat berbuka puasa.

Itulah beberpa ide kegiatan ngabuburit seru bareng temen. Seru kan? Meski begitu, ada baiknya jika kamu mengisi waktu burit dengan memeperbanyak ibadah kepada Allah. Karena kita tidak akan pernah tahu apakah tahun depan masih menjumpai  Ramadan lagi atau tidak.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »