Our Feeds

Rabu, 01 Juni 2016

Unknown

KEGIATAN COMMUNITY MUSLIMAH DIINDONESIA



Assalamualaikumcantik -Hijab di Indonesia telah mengalami perubahan yang cukup kuat dan atraktif. Tidak heran sejumlah komunitas khusus para hijaber pun bermunculan. Meski pada hakikatnya mereka mengkampanyekan soal hijab, namun memiliki ciri khas masing-masing. Berikut enam komunitas hijab yang bisa Anda ikuti.

Hijabers Community


Diluncurkan pada 19 Maret 2011 sebagai organisasi sosial yang bersifat terbuka dari dan untuk seluruh muslimah di Indonesia, Hijabers Community (HC) menjadi panutan dan penggerak bagi muslimah Indonesia, khususnya di bidangfashion muslim. HC sudah ada di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Aceh dan Padang. Gabung dengan HC membuka kesempatan untuk berkenalan dengan teman-teman muslimah baru dan menjalin ukhuwah yang baik bagi sesama muslim.


Dengan menyadari bahwa Allah menilai hambanya bukan dari rupa melainkan hati, HC memiliki kegiatan rutin yang insya Allah bermanfaat bagi wanita muslimah luar dan dalam. Kegiatan rutin yang melibatkan muslimah se-Jabodetabek seperti pengajian rutin bulanan, “Hijab Day Out” workshop, kegiatan amal,Hijab Tutorial Class, acara Ramadhan seperti Ngabuburit, dan kegiatan tahunan Hijabers Community Day serta HC Anniversary tiap bulan November.



Komunitas ini terbuka untuk seluruh wanita muslimah, namun ada beberapa acara yang membutuhkan pendaftaran ataupun konfirmasi karena terbatasnya ruang. Bagi yang belum memakai jilbab, tetap bisa mengikuti acara-acara Hijabers Community. Mungkin ini bisa menjadi kesempatan untuk mencoba merasakan memakai jilbab



Great Muslimah

Sebuah komunitas bagi para muslimah hijrah, yaitu para perempuan yang tidak terlahir langsung taat, namun menempuh jalan kehidupan yang berliku penuh pencarian, hingga berubah pada satu titik kesadaran. Titik hijrah, yang mengubah kebiasaan hura-hura menjadi takwa, mengubah perilaku maksiat menjadi taat, mengubah orientasi dunia menjadi dunia juga akhirat. Titik kesadaran ini mengubah pola pikir hingga pola sikap para perempuan yang kemudian disebut para Muslimah Hijrah.



Komunitas Great Muslimah yang digagas oleh Febrianti Almeera, dibangun dengan visi “Helping others to get closer to Allah, start from help ourselves first.” Semua diawali dari membenahi diri sendiri. Di saat yang bersamaan, kita tengah membenahi orang-orang di sekeliling, lingkungan di luar diri. Jika kelak diberi amanah untuk membenahi orang lain, maka integritas kita sudah teruji. Prinsip Muslimah Hijrah tak sekedar move on, melainkan? #?MOVEUP! Bergerak dengan meningkatkan kualitas diri melalui pemahaman dan aktualisasi di jalan kebaikan dan kebenaran, dengan mengharap keridhoan-Nya

Syar’i Lifestyle

Komunitas Muslimah yang bertujuan mengkampanyekan gaya hidup muslimah sesuai syar’iat. Digagas oleh Fitri Aulia dan Dian Marina, komunitas non-komersil ini bertujuan untuk dakwah. Atas dasar kesamaan passion dan visi, terbesitlah keinginan membuat sesuatu yang bermanfaat untuk para muslimah dengan membentuk komunitas



Tujuan utama Syar’i Lifestyle yaitu komunitas Muslimah yang peduli terhadap gaya hidup bersyari’at Islam. Jangan sampai syar’i hanya dinilai dari pakaian saja, tapi harusnya juga dari gaya hidup kita. 



Budaya barat dan sekularisme yang sedang marak banyak mempengaruhi muslimah berhijab dalam hal gaya hidup, yang mengagungkan modernisme dan feminisme semata, sehingga melepaskan diri dari nilai-nilai Al-Qur’an dan As Sunnah. Gaya hidup kini sangat dipengaruhi oleh pola pikir, kebudayaan, pergaulan, serta hiburan yang bisa memberikan dampak negatif bagi diri dan keluarga muslim.



Komunitas Syar’i Lifestyle ini berharap dapat meluruskan dan mengedukasi muslimah di Indonesia, khususnya untuk bergaya hidup sesuai syari’at Islam. Fastabiqul khairat, “Marilah bersama berlomba-lomba dalam kebaikan.”
Fitri Aulia dan Dian Marina selaku desainer, juga mengeluarkan koleksi khusus pada peluncuran komunitas ini. Koleksi syar’i mereka bisa kamu dapatkan di sini.



Indonesia Hijab Bloggers

Wadah silaturrahmi dan berkumpulnya para hijab blogger di Indonesia. Berbagi informasi dan link dari dan untuk para hijab blogger. IHB ini tidak memfokuskan kepada satu karakteristik blog saja, tetapi mencakup semua kategori di dunia perblog-an mulai dari tips blog, travel, beauty, fashion, food, sastra, islamic studies, personal blog dan sebagainya.

Ketentuan bergabung dengan IHB antara lain: 



khusus untuk blogger berhijab dan warga Indonesia baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri. Wajib memiliki blog personal dan bukan blog bersama, blog bisnis, blog online shop dan sebagainya. Aktif blogging atau memiliki postingan minimal 3 bulan terakhir sebelum bergabung dengan IHB.



Syarat lainnya yaitu telah memasang logo IHB disidebar blog, dengan link aktif ke http://indonesian-hijabblogger.com/. Mempunyai semua atau salah dua akun: Twitter, Facebook dan Instagram pribadi.



Hijab Speak





Awalnya, Hijab Speak terlahir bukan sebagai komunitas, melainkan sebuah gerakan bernama “speak up” yang disebarluaskan di media sosial untuk para muslimah. Tujuannya agar perempuan berhijab yang punya potensi dan keahlian untuk unjuk gigi. Selama ini ada stigma bahwa perempuan berhijab harus bersikap kalem, dan tidak perlu menonjolkan diri.

Hijab Speak yang diprakarsai oleh Yona Intan Zariska, Fika Tri Mujiani, dan Cahya Meythasari, resmi diperkenalkan ke publik pada September 2012. Di acara gathering perdana yang dihadiri 80 hijabers dari berbagai komunitas hijab, mereka menampilkan sosok inspiratif Yuli Astuti, pemilik salon muslimah Moz5.



Hijab Speak sebagai headquarter alias markas para komunitas hijab. Hal ini terlihat dari beragam komunitas yang bergabung, baik dari Jabodetabek, maupun berbagai kampus. Sebagai wadahnya komunitas hijabers, Hijab Speak merangkul mereka semua menjadi satu. Mereka juga membuat acara hijabers yang berbeda. Melihat sisi lain di balik perempuan berkerudung, bukan cuma cantik duniawi, tapi juga cantik dari dalam.

Masih banyak kegiatan bermanfaat lainnya dari komunitas hijab di Indonesia, dan semakin banyak kreatif dan inovatif yang ditunjukan oleh wanita indonesia khusus nya muslimah indonesia. bagi kamu yang belum atau masih bingung mau bergabung dengan komunitas yang mana ??? bagaimana jika kamu buat Community kalian sendiri yang pastinya isi kegiatan nya bermanfaat dan positif ^^

terimakasih telah membaca artikel diatas, sampai ketemu lagi di artikel artikel selanjutnya see youu..

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »